KEBERADAAN TARI TOPENG DI DALAM MASYARAKAT CIREBON


Dalam konteks sosial budaya masyarakat di wilayah Cirebon, seni Tari Topeng selain berperan sebagai bentuk kesenian rakyat, juga dijadikan sebagai salah satu sarana dalam semesta untuk meminta datangnya keberkahan dan keselamatan di wilayah Cirebon.
 Dalam masyarakat tradisional sebagai seni pertunjukan yang berkaitan dengan upacara religi, karena secara umum keberadaan seni dalam lingkungan etnik memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :


1.      Pemanggil kekuatan gaib
2.      Penjemput ruh-ruh pelindung untuk hadir dalam tempat pemujaan
3.      Memanggil roh baik untuk mengusir roh jahat
4.      Peringatan pada nenek moyang dengan menirukan kegagahan dan kesigapannya
5.      Upacara hajatan, biasanya berupa hajatan yang  dilaksanakan dalam rangka pernikahan, sunatan, dan acara kaulan atau nadzar yaitu janji ketika suatu keinginan telah tercapai. Kegiatan ini lebig menekankan pada aspek sosial dan dilaksanakan selam sehari suntuk.
6.      Bebarang, dikenal pula dengan istilah ngamen, yang diartikan sebagai pertunjukan dari satu desa ke desa yang lainnya.
Ngamen umumnya Enkulturasi didefinisikan sebagai proses mempelajari dan menyesuaikan pikiran dan sikap individu pada sistem norma yang berlangsung, serta melakukan adaptasi pada peraturan hidup dalam suatu lingkungan kebudayaan. Sedangkan sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses pemasyarakatan, seorang individu menyesuaikan dan melestarikan sebagai individu lain dalam masyarakat.Sistem pembelajaran yang memanfaatkan kegiatan ini dipandang pila sebagai memory after image atau kesan penyerta ingatan yang akan membekas pada anak, dimana ana-anak akan mendapatkan pengalaman perseptual yang akhirnya menjadi suatu proses untuk memacu bangkitnya pengalaman secara gambang terhadap suatu pengalaman.

 Dari aspek kualitas, penari Tari Topeng sebenarnya seniman yang sangat patuh terhadap ritual-ritual yang harus dilakukan seorang dalang. Banyak sekali ritual yang hingga saat ini masih tetap dijalankan seperti mapag tanggal, yang dilaksanakan setiap menyambut pergantian bulan atau ritual buka panggung, yang dilakukan saat akan dimulainya musim hajatan.Pencapaian delar dalang topeng bagi para penari topeng adalah sebuah gelar terhormat, karena orang yang telah menyandang sebutan tersebut biasanya mendapatkan tempat yang istimewa dikalangan masyarakat. Ia sedang diidentikan dengan “orang pintar” atau sebagai media yang dapat memberikaan petunjuk, nasehat, bahkan bisa dipercayai untuk menyembukhan orang yang terkena penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar